KHASIAT MADU UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Madu adalah salah satu jenis makanan dan juga minuman alami yang memiliki khasiat luar biasa. Namun sayangnya, banyak yang belum memanfaatkan anugerah Tuhan yang istimewa ini. Padahal jika ditelusuri sungguh banyak sekali manfaat madu untuk kehidupan kita sehari-hari. Al Quran maupun hadits, serta para ilmuwan telah menyebutkan manfaat dari minuman alami ini sejak ribuan tahun yang lalu.

Madu

Dan bagi siapapun yang perduli dengan kesehatan dan juga keindahan tubuh mereka, maka madu merupakan salah satu solusi penting yang harus ada di dapur atau di meja makan. Mengapa cairan yang sangat pekat dan manis ini memiliki manfaat yang sebegitu pentingnya? Untuk memahami lebih lanjut mengenai kegunaan dan khasiat dari minuman yang nikmat ini, silakan renungkan penjelasan di bawah ini.

Untuk Kesehatan

Di dalam kitab suci umat Islam, disebutkan bahwa salah satu manfaat madu adalah adanya kandungan obat yang dapat menyembuhkan bagi manusia. Setelah diteliti ternyata hal ini bukanlah hisapan jempol belaka. Memang banyak khasiat dari minuman yang dihasilkan oleh lebah ini. Untuk menjaga kesehatan tubuh, madu bisa diminum sebagai minuman yang mengandung zat antibakteri dan juga anti mikroba. Dengan demikian apabila diminum secara teratur segala macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau mikroba akan bisa dihambat pertumbuhannya sehingga tidak sampai menyebabkan sakit.

Manfaat madu yang sangat luar biasa ini bisa didapat karena madu yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu dalam memperkuat sel darah putih. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat menghentikan terjadinya pertumbuhan bakteri Candida Alba. Selain itu banyak jenis bakteri lainnya yang dapat dicegah perkembangannya dengan secara aktif mengonsumsi madu. Selain diminum untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan juga mikroba, untuk luka luar madu juga memiliki khasiat yang sama. Baik luka bakar, lecet maupun luka luar lainnya agar tidak sampai terjadi infeksi yang membahayakan pada luka anda sebaiknya oleskan madu pada permukaan kulit yang sakit atau luka.

Bagi anda yang mungkin mengalami gangguan kolesterol yang sangat tinggi, pastikan anda mengonsumsi madu. Minumlah madu murni secara teratur agar kolesterol jahat anda dapat menurun kadarnya. Selain mencegah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kolesterol jahat, madu yang anda minum juga dapat meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh anda. Akibatnya tubuh anda akan semakin sehat dan bisa terbebas dari berbagai macam penyakit berbahaya yang mungkin menyerang.

Manfaat madu selanjutnya dalam bidang kesehatan adalah sebagai pencegahan atas penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Kandungan madu bisa membantu dalam peningkatan sel darah merah atau hemoglobin sehingga sangat baik untuk dikonsumsi para penderita gangguan anemia. Selanjutnya konsumsi madu secara teratur juga dapat membantu dalam pertumbuhan tubuh karena kandungan yang terdapat di dalam madu diantaranya adalah besi, belerang, fosfat, magnesium, natrium, kalsium dan juga kalium. Dengan demikian konsumsi madu juga sangat baik bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk membantu tumbuh kembang mereka dengan tepat.

Selanjutnya masalah pencernaan yang mengganggu juga bisa dicegah dengan mengonsumsi madu. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa konsumsi madu secara teratur akan dapat membantu perkembangbiakan mikroflora yang ada di usus. Akibatnya pencernaan akan semakin baik dan bisa mencegah terjadinya penyakit atau gangguan pencernaan.

Sebagai tambahan, konsumsi minimal dua sendok madu murni setiap hari untuk meningkatkan kesehatan anda. Berbagai kandungan di dalam madu juga membantu peningkatan kekebalan tubuh anda karena madu juga mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk penjagaan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu konsumsi madu juga dapat membantu meningkatkan energi anda setiap hari sehingga anda tidak akan cepat merasa lelah dan memiliki kondisi tubuh yang prima dan baik.

Untuk Kecantikan

Manfaat madu lainnya adalah digunakan untuk kecantikan dan keindahan tubuh. Jika anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat, dan juga cantik, maka gunakan madu sebagai bahan utama untuk masker wajah anda. Penggunaan madu sebagai bahan masker wajah anda akan membuat wajah anda bersih dan lembab. Madu bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah dan membuatnya lebih cerah dan juga bersih. Selain itu kulit wajah anda akan lebih lembab dan sehat dengan penggunaan madu untuk masker. Anda juga dapat memadukannya dengan bahan-bahan alami lainnya untuk mendapatkan manfaat lebih dari madu untuk kecantikan wajah anda.

Anda juga dapat menggunakan madu sebagai masker untuk kulit tubuh anda. Pemanfaatan madu untuk masker tubuh akan membuat kulit anda menjadi lebih sehat dan halus. Sel-sel kulit mati anda akan terangkat dengan mudah. Selain itu kandungan asam organik yang bersifat ringan dan juga kandungan asam glukonat dapat membantu percepatan regenerasi kulit anda karena zat tersebut dapat melonggarkan sel kulit mati. Akibatnya penggunaan madu untuk masker tubuh akan membuat kulit anda bebas dari keriput dan juga penuaan sehingga kulit anda dapat tetap kencang dan sehat. Elastisitas kulit juga akan semakin meningkat jika anda memanfaatkan minuman yang nikmat ini untuk perawatan tubuh anda.

Adanya zat pinocembrin pada madu juga memberi manfaat khusus untuk tubuh anda. Pinocembrin merupakan zat antioksidan yang hanya bisa ditemukan pada madu. Zat tersebut akan membantu dalam pencegahan radikal bebas yang disebabkan oleh berbagai macam polusi dan juga racun yang ada di sekitar kita. Dengan demikian jelas sekali bahwa manfaat madu juga dapat membuat anda bisa lebih awet muda. Ingat bahwa salah satu penyebab seseorang menjadi tua terlalu cepat adalah karena racun yang ada di sekitar kita, terutama di zaman yang serba modern seperti sekarang. Karena itu gunakan madu sebagai bentuk pencegahan racun-racun tersebut.

Untuk kecantikan tubuh anda, jangan lupa untuk menggunakan madu sebagai masker rambut dan juga kulit kepala. Campuran madu, minyak zaitun panas dan bubuk kayu manis yang dioleskan pada kulit kepala akan dapat membantu terjadi kerontokan rambut yang bisa berakibat pada hilangnya mahkota indah anda. Anda juga dapat menggunakan madu sebagai bahan utama penghilang jerawat yang membandel di wajah anda. Cara yang digunakan juga sangat mudah, hanya dengan mencampur madu dengan bubuk kayu manis dan mengoleskannya pada jerawat anda sebelum tidur.

Terbukti banyak sekali manfaat madu yang dapat anda peroleh baik untuk kecantikan maupun kesehatan anda. Jangan segan untuk mengonsumsi madu untuk menjauhkan diri anda dari berbagai macam penyakit berbahaya yang mungkin menyerang anda. Dan jangan lupakan kegunaan madu untuk menambah kecantikan anda luar dalam. Dengan bahan yang sangat sederhana dan murah ini anda akan bisa mendapatkan banyak khasiat yang mengagumkan. Selamat mengonsumsi madu dan tetap sehat serta cantik dengan minuman dari lebah tersebut. Coba sekarang dan rasakan manfaatnya sesegera mungkin.